Minggu, 31 Desember 2017

TCI (Transistor Controlled Ignition)


Hasil gambar untuk suzuki forsa

Sistem pengapian TCI hasil modifikasi dari sistem pengapian konvensional. Sistem pengapian semi transistor merupakan sistem pengapian elektronik yang masih menggunakan platina. Namun demikian, fungsi dari platina (breaker point) tidak sama persis seperti pada pengapian konvensional. Aliran arus dari rangkaian primer tidak langsung diputuskan dan dihubungkan oleh platina, tapi perannya diganti oleh transistor sehingga platina cenderung lebih awet  (tidak cepat aus) karena tidak langsung menerima beban arus yang besar dari rangkaian primer tersebut. Dalam hal ini platina hanyalah bertugas sebagai switch (saklar) untuk meng-on-kan dan meng-off-kan transistor. Arus listrik yang mengalir melalui platina diperkecil dan platina diusahakan tidak berhubungan langsung dengan kumparan primer agar tidak ada arus induksi yang mengalir saat platina membuka. Terjadinya percikan bunga api pada busi yaitu saat transistor off disebabkan oleh arus dari rangkaian primer yang menuju ke massa (ground) terputus, sehingga terjadi induksi pada koil pengapian.

Manfaat :
1. Platina jauh lebih awet karena tidak ada titik kontak dengan busur api
2. Pengapian lebih besar
3. Anda bisa pakai platina bekas sekalipun
4. Anda bisa membuang kondensor asli

TCI bisa dibilang seperti CDI hanya bedanya saklar putus nyambung berada di Platina.

Pengalaman Pengguna Zebra Bodytech 1300cc : 
-Suara mesin lebih halus karena pengapian sempurna tidak batuk :D
-Dari segi keiritan +/- 10% lebih irit
-Stater pagi hari dan ketika mesin sudah panas lebih mudah
-Jika Delco alias delgu kena air mesin tidak mati seperti penyakit Zebra yang dikeluhkan orang

Pengalaman Pengguna Suzuki Forsa GLX (1000cc =Mesin Carry, Jimny-katana, Karimun Kotak):
-Biasanya gigi 3 sangat lemot sekarang lebih responsif
-Ditanjakan lebih bertenaga
-Kata pengguna Forza kalau Tenaga mesin naik 30%, berarti kalau biasanya lari 100 Km/jam sekarang 130 Km/jam dong? <==mungkin bukan gitu cara hitungnya, hahahaha.
Yang jelas lebih baik dari menggunakan Platina. Itu kata pemilik Suzuki Forsa.
-Keiritan 15% lebih irit walau tidak mungkin mengalahkan keiritan Mesin Ijeksi sekelas Suzuki Wagon R

Penampakan TCI

 Next saya akan coba TCI di Corolla DX (Toyota KE70 = Mesin Kijang 1300cc )

Hasil gambar untuk toyota Ke 70 

0 komentar: